Banyuwangi Ethno Carnival Usung Re_Barong

Written By Emdua on Senin, 19 November 2012 | 00.09


TEMPO.CO, Banyuwangi - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur hari ini kembali menyelenggarakan Banyuwangi Ethno Carnival (BEC). Karnaval fashion kedua ini mengusung tema Re_Barong Using.


Sebanyak 200 peserta tampil memeragakan kostum kreasinya di catwalk jalan sepanjang 2,5 kilometer, dimulai dari Jalan Kartini hingga Jalan Ahmad Yani. Kreasi kostum peserta diinspirasi dengan bentuk Barong Using Banyuwangi.


Barong Using memiliki bentuk mirip Barong Bali hanya saja bentuknya lebih kecil. Bentuk mukanya seperti serigala, bermahkota dan bersayap di bagian kanan-kiri dengan paduan warna merah, kuning dan hijau.


Kesenian Barong biasanya dimainkan dalam bentuk teater rakyat yang sering ditanggap untuk pernikahan dan sunatan.


Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Suprayogi, mengatakan, tema Re_Barong berarti menggambarkan bahwa Barong yang akan ditampilkan berbeda dari aslinya. "Kostum yang dibuat peserta terinspirasi dari Barong," kata dia, Ahad 18 November 2012.


Karnaval dibuka dengan tarian kolosal Gandrung yang dibawakan oleh 100 penari serta penampilan peserta Jember Fashion Carnaval (JFC). Peserta JFC tampil karena Pemerintah Banyuwangi menjadikan Dinand Fariz (penggagas JFC) sebagai konsultan BEC.


Penampilan peserta BEC terbagi dalam tiga defile (kelompok) yakni Re_1 Barong yang bernuansa merah, Re_2 Barong bernuansa warna hijau dan Re_3 bernuansa kuning.


Masing-masing peserta memiliki kreatifitas berbeda dengan mengeksplor seluruh bagian Barong menjadi desain kostum yang unik dan megah.


Seperti yang ditampilkan Arif misalnya dari defile Re_2 Barong, Warga Kelurahan Kepatihan ini memodifikasi sayap dan tubuh Barong. Di bagian dada, Arif menempatkan kepala Barong asli berukuran sekitar satu meter.


Arif mengatakan dia merogoh kocek hingga Rp 7,5 juta untuk menciptakan kostumnya itu. "Prosesnya butuh waktu satu bulan," kata dia.


Meski mengeluarkan jutaan rupiah, Arif tetap bangga mengikuti karnaval fashion tersebut karena karyanya bisa disaksikan ribuan penonton.


Seluruh acara berlangsung lancar meski awalnya sempat diguyur hujan deras selama 30 menit. Ribuan orang juga antuasis memadati karnaval fashion tersebut.


BEC pertama digelar tahun 2011 lalu dengan menampilkan tema Gandrung, Damarwulan dan Kundaran.


IKA NINGTYAS


Anda sedang membaca artikel tentang

Banyuwangi Ethno Carnival Usung Re_Barong

Dengan url

http://cleanheartsminds.blogspot.com/2012/11/banyuwangi-ethno-carnival-usung-rebarong.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Banyuwangi Ethno Carnival Usung Re_Barong

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Banyuwangi Ethno Carnival Usung Re_Barong

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger