1.036 WNI Telah Dievakuasi dari Yaman

Written By Emdua on Senin, 13 April 2015 | 00.07




Minggu, 12/04/2015 23:34 WIB





Prins David Saut - detikNews





Jakarta - Upaya evakuasi WNI dari Yaman masih dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Tercatat, sejak Desember 2014, sudah ada 1.036 WNI yang telah dievakuasi dari wilayah konflik tersebut.

Berdasarkan situs resmi dari Kementerian Luar Negeri RI, Minggu (12/4/2015), 43 orang di antara 1.036 WNI yang telah dievakuasi tersebut telah kembali ke Tanah Air pada Sabtu (11/4) kemarin. Mereka menggunakan penerbangan QR 956 dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 15.15 WIB.

Sementara itu, situasi di Yaman semakin memanas, khususnya di bagian barat Yaman, sekitar Kota Aden dan Sana'a. Kontak senjata semakin meluas sehingga mempersulit upaya evakuasi Tim Percepatan Evakuasi WNI.

Pemerintah Indonesia telah mengirimkan tim terpadu tersebut ke Yaman dan Salalah serta Oman untuk melakukan intensifikasi evakuasi WNI, termasuk mengerahkan satu pesawat TNI AU Boeing 737-400 dan satu kapal yang disewa di Djibouti.

Tim terdiri dari 48 personel yang meliputi unsur Kementerian Luar Negeri (19 orang), TNI AU (21 orang), Polri (7 orang) dan BIN (3 orang). Tim ditugaskan di Hudaydah, Tarim, Al Mukalla, Aden, Oman dan Djibouti dengan terus melakukan pendekatan ke otoritas setempat.

Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi telah menyerukan semua pihak di Yaman untuk memberlakukan jeda kemanusiaan (humanitarian pause), guna memberikan kesempatan bagi warga sipil untuk evakuasi keluar dari Yaman. Menlu Retno telah memerintahkan delegasi RI di PBB untuk mendorong Dewan Keamanan PBB mengeluarkan resolusi terkait humanitarian pause tersebut.

Walau begitu, masih terdapat sejumlah WNI yang berada di berbagai penampungan untuk menunggu evakuasi. Mereka berada di Sana'a sebanyak 58 orang, Hudaydah 37 orang, Tarim 423 orang, Mukalla 260 orang dan Aden 111 orang.

"Tentu saja situasinya sangat dinamis, sangat cair, berkembang terus sehingga jalur evakuasi kita, rencana evakuasi kita juga akan kita adjust sesuai dengan perkembangan yang terjadi di lapangan," kata Menlu Retno pada 6 April lalu.


(vid/bpn)



















Sponsored Link






Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


Anda sedang membaca artikel tentang

1.036 WNI Telah Dievakuasi dari Yaman

Dengan url

http://cleanheartsminds.blogspot.com/2015/04/1036-wni-telah-dievakuasi-dari-yaman.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

1.036 WNI Telah Dievakuasi dari Yaman

namun jangan lupa untuk meletakkan link

1.036 WNI Telah Dievakuasi dari Yaman

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger