Katulampa Sempat Sentuh 130 CM, Jakarta Diminta Waspada Banjir

Written By Emdua on Senin, 22 Desember 2014 | 00.07




Minggu, 21/12/2014 22:53 WIB








Jakarta - Hujan yang terus melanda kawasan Puncak, sejak siang hingga menjelang malam hari tadi mengakibatkan debit air sungai ciliwung meningkat.

Ketinggian air pada pukul 16.00 WIB menyentuh batas 50 centimeter dan berstatus siaga 4. Air tiba-tiba meningkat pada pukul 19.00 WIB dengan ketinggian mencapai 100 centimeter.

Namun, pada pukul 19.30 WIB permukaan air sungai Ciliwung kembali meningkat dengan ketinggian 110 Centimeter. Andi Sudirman, Kepala Pos Pantau Bendung Katulampa, langsung menaikan status katulampa menjadi siaga 3 banjir.

Andi mengimbau agar warga Jakarta tetap waspada terhadap luapan banjir. Pasalnya, selain kawasan Puncak, kawasan Kabupaten Bogor dan Depok juga mengalami hujan deras. Kondisi ini, kata Andi, juga mengakibatkan Sungai Ciliwung meluap.

"Inilah yang mendasari kita agar warga jakarta tetap waspada. Air dari Kota dan Kabupaten Bogor serta Depok akan menyumbang ketinggian Ciliwung," kata Andi Sudirman, saat dikonfirmasi pukul 20.30 WIB.

Volume air yang mengalir di Sungai Ciliwung ini diperkirakan lebih dari 188 ribu liter per detik. "Kami terus berkoordinasi dengan Pemprov Jakarta, juga dengan warga yang tinggal di Bantaran Sungai agar mereka selalu tetap waspada," ujarnya.

Sementara pada pukul 21.00 WIB, seiring dengan turunnya intensitas hujan di kawasan Puncak, membuat ketinggian air Sungai Ciliwung di pos pantau katulampa menurun. "Saat ini (pukul 21.00 WIB) ketinggian sudah turun jadi 80 cm, statusnya siaga 4," katanya. Sementara itu pantauan detikcom hingga pukul 21.00 WIB hujan masih melanda di sebagian besar wilayah Kota dan Kabupaten Bogor.


(ahy/ahy)










Anda sedang membaca artikel tentang

Katulampa Sempat Sentuh 130 CM, Jakarta Diminta Waspada Banjir

Dengan url

http://cleanheartsminds.blogspot.com/2014/12/katulampa-sempat-sentuh-130-cm-jakarta.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Katulampa Sempat Sentuh 130 CM, Jakarta Diminta Waspada Banjir

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Katulampa Sempat Sentuh 130 CM, Jakarta Diminta Waspada Banjir

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger