Wamentan: Petani Kita Sedih Kalau Impor Dilakukan Saat Panen Raya

Written By Emdua on Senin, 31 Maret 2014 | 00.36

Jakarta -Pemerintah menegaskan Indonesia bukanlah anti terhadap impor. Hanya saja, impor sebaiknya dilakukan pada waktu-waktu tertentu.

"Hakikatnya dari pandangan kita, kita tidak pernah anti impor. Tapi bagusnya impor hanya bisa kita lakukan kalau kita tidak punya barang itu," kata Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan saat menutup acara Agrinex Expo 2014 di Jakarta Convention Center di Senayan, Jakarta, Minggu (30/3/2014).

Rusman mencontohkan importasi anggur dari negara-negara luar sah-sah saja untuk memenuhi kebutuhan, karena Indonesia tidak banyak memproduksi anggur.

"Tapi kalau kita impor apel, petani apel di Malang bisa marah," tegasnya

Kondisi lain, lanjut Rusman, impor dilakukan pada saat pertanian di Indonesia sedang tidak memasuki masa panen. Dia membayangkan betapa sedihnya petani-petani lokal jika hasil produksinya diserbu barang-barang impor.

"Alangkah jeleknya kalau impor masuk, petani kita sedang ramai-ramainya panen. Kalau lagi panen raya itu sensitif sekali, berapa kilo pun kita impor petani akan bersedih," katanya.

Rusman mengatakan, hal itulah yang kini menjadi perhatian pemerintah, demi mendapatkan ketahanan pangan di negeri sendiri.

"Itulah yang menjadi kebijakan kita di pertanian. Kita bukan anti pada perdagangan global tapi kita wajib melindung petani kita yang belum hidup sejahtera," tutupnya.


(zul/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!


Anda sedang membaca artikel tentang

Wamentan: Petani Kita Sedih Kalau Impor Dilakukan Saat Panen Raya

Dengan url

http://cleanheartsminds.blogspot.com/2014/03/wamentan-petani-kita-sedih-kalau-impor.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Wamentan: Petani Kita Sedih Kalau Impor Dilakukan Saat Panen Raya

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Wamentan: Petani Kita Sedih Kalau Impor Dilakukan Saat Panen Raya

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger