Ini yang Harus Diperhatikan Saat Bertransaksi di ATM BCA

Written By Emdua on Senin, 24 Maret 2014 | 00.36




Herdaru Purnomo - detikfinance


Minggu, 23/03/2014 16:37 WIB







Jakarta -PT Bank Central Asia Tbk (BCA) terus mengingatkan kepada para nasabahnya untuk waspada ketika bertransaksi di ATM. Walaupun bertransaksi di ATM cukup mudah, tetapi keamanan tetap harus menjadi nomor satu.

"Dibalik kemudahan tersebut, tentunya keamanan harus tetap diutamakan. Untuk itu partisipasi kita sebagai nasabah sangat diperlukan. Kepedulian dan kewaspadaan kita adalah salah satu kunci utama," demikian disampaikan BCA dalam pengumumannya, seperti dikutip Minggu (23/3/2014).

Berikut beberapa tips yang layak untuk dipahami dan jalani ketika bertransaksi di ATM:

  • Teliti sebelum bertransaksi. Pastikan seluruh kondisi mesin dan sekitarnya tidak ada yang mencurigakan. Misal di setiap ATM BCA, pada bagian keypad-nya selalu terdapat kubah pelindung. Jika kubah pelindungnya tidak ada, segera laporkan ke Halo BCA di (021) 500888.

  • Cek stiker informasi nomor telepon call center. Halo BCA yang benar adalah (021) 500888, jika tercantum nomor lain, dapat dipastikan itu adalah stiker palsu. Segera laporkan!

  • Saat melakukan transaksi. Ingat selalu untuk menutup keypad saat memasukkan kode PIN (Tutup PIN). Ini penting, karena bisa jadi ada pihak yang tidak bertanggung jawab yang mencoba mengintip, jadi tidak ada salahnya untuk tetap berhati-hati.

  • Ketika mengalami kesulitan saat bertransaksi. Jangan hiraukan pihak-pihak yang menawarkan bantuan dalam ruang ATM, segera hubungi Halo BCA di (021) 500888, karena bisa jadi itu merupakan salah satu modus kejahatan perbankan.

  • Setelah melakukan transaksi. Sebelum meninggalkan mesin ATM, periksa kembali apakah kita telah mengambil dan menyimpan kartu ATM dan struk yang tercetak.

  • Jangan pinjamkan kartu ATM. Perlu diingat bahwa jangan pernah meminjamkan kartu ATM dan memberitahukan PIN. PIN ATM sifatnya pribadi, hanya kita yang berhak untuk mengetahuinya, maka jangan pernah beritahukan pada siapapun. Termasuk kepada orang yang mengaku petugas bank, karena petugas bank yang benar tidak akan pernah menanyakan PIN kita.

  • Gantilah kata sandi PIN ATM secara berkala! Serta untuk kemudahan kita sendiri, simpan nomor telepon Halo BCA di (021) 500888.


(dru/rrd)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!








Sponsored Link






3

Anda sedang membaca artikel tentang

Ini yang Harus Diperhatikan Saat Bertransaksi di ATM BCA

Dengan url

http://cleanheartsminds.blogspot.com/2014/03/ini-yang-harus-diperhatikan-saat.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ini yang Harus Diperhatikan Saat Bertransaksi di ATM BCA

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ini yang Harus Diperhatikan Saat Bertransaksi di ATM BCA

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger