PLN Buka Peluang Ekspor Listrik ke Sabah Malaysia

Written By Emdua on Senin, 13 Januari 2014 | 00.36

Jakarta -PT PLN (Persero) menjalin kerjasama bidang kelistrikan dengan Sabah Electricity Sdn. Bhd. (SESB). Kedua pihak menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) terkait peluang Indonesia mengekspor listrik dari Kalimantan Utara ke Sabah, Malaysia.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Direktur Utama PLN Nur Pamudji dengan Managing Director SESB, Hj. Abd Razak Sallim, Jumat pekan lalu di Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia.

Nur mengatakan adanya kerjasama ini terbuka peluang dibangunnya pembangkit listrik skala besar di Kalimantan Utara. Sebagian hasil listrik dari pembangkitnya akan diekspor ke Malaysia.

"Energi listrik yang dihasilkan sebagian besar digunakan untuk keperluan domestik dan sebagian kecil bisa diekspor ke Malaysia. Dengan demikian, pembangunan pembangkit di Kalimantan Utara tidak harus dimulai dari pembangkit skala kecil karena menyesuaikan dengan kebutuhan domestik yang masih kecil, tapi bisa langsung ke skala besar sehingga lebih ekonomis dan lebih andal," kata Nur dalam keterangan tertulisnya, Minggu (12/1/2014)

Hal ini merupakan kesempatan besar untuk memajukan pembangunan kelistrikan di Kalimantan Utara. Kerjasama SESB dan PLN merupakan salah satu langkah PLN menuju ke integrasi jaringan ASEAN. PLN dan SESB akan melakukan studi bersama untuk mewujudkan interkoneksi yang saling menguntungkan, terutama antara Kalimantan Utara dan Sabah.

Nur menambahkan, apalagi sistem kelistrikan di Sabah mempunyai karakteristik beban puncak pada siang hari, sedangkan sistem PLN di Kalimantan Utara memiliki beban puncak pada malam hari.

"Kedua kondisi ini dapat disinergikan untuk keuntungan dua belah pihak melalui interkoneksi kedua sistem kelistrikan ini," ujarnya.

Kerjasama PLN dengan SESB juga akan dilakukan untuk meningkatkan kompetensi pegawai di kedua belah pihak melalui pendidikan, pelatihan dan berbagi pengetahuan sesuai keunggulan masing-masing.

PLN mempunyai pusat pendidikan dan pelatihan yang terintegrasi dan dikelola dengan pendekatan corporate university, mulai pembangkit (fosil dan renewable energy), transmisi (termasuk pemeliharaan dalam keadaan bertegangan atau live line maintenance), sistem distribusi, dan sistem manajemen kelistrikan.

Bagi SESB, kerjasama seperti ini merupakan hal baru dan juga kesempatan untuk memajukan pembangunan kelistrikan di Sabah. SESB adalah salah satu perusahaan listrik di Malaysia yang mengelola kelistrikan di Sabah. Perusahaan ini dimiliki oleh Kerajaan Sabah dan ada saham dari Tenaga Nasional Berhad (TNB), perusahaan listrik terbesar di Malaysia yang berada di Semenanjung Malaysia.


(rrd/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!


Anda sedang membaca artikel tentang

PLN Buka Peluang Ekspor Listrik ke Sabah Malaysia

Dengan url

http://cleanheartsminds.blogspot.com/2014/01/pln-buka-peluang-ekspor-listrik-ke.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

PLN Buka Peluang Ekspor Listrik ke Sabah Malaysia

namun jangan lupa untuk meletakkan link

PLN Buka Peluang Ekspor Listrik ke Sabah Malaysia

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger