SMP Tarakanita I Jakarta Beraksi untuk Amal di Slovenia

Written By Emdua on Senin, 24 Juni 2013 | 00.07




Minggu, 23/06/2013 23:49 WIB









Ljubjana - Menampilkan tarian dari berbagai daerah Indonesia, putera-puteri SMP Tarakanita I Jakarta memukau 300-an undangan kalangan atas di Slovenia. Aksi ini untuk pengumpulan dana bagi anak-anak kurang mampu.

Acara hasil kerjasama KBRI/PTRI (Perwakilan Tetap RI) Wina dengan Lions Club Iliria itu dibingkai dalam malam Midsummer Gala Dinner di Villa Podroznik, Ljubjana, ibukota Slovenia, Kamis malam atau Jumat (20/6/2013) WIB.

Indonesia menjadi co-host bersama Lions Club sekaligus menjadi negara Asia pertama yang menjadi mitra setelah tahun-tahun sebelumnya mitra dimaksud selalu negara-negara dari Eropa dan Amerika.

"Seni budaya yang ditampilkan pada acara ini adalah sebagian kecil dari berbagai keragaman budaya Indonesia," ujar Duta Besar/Wakil Tetap RI Rachmat Budiman dalam sambutannya.

Sebelumnya Dubes menekankan tema yang dipilih oleh Indonesia adalah "Dari Anak-anak Untuk Anak-anak", di mana hal ini penting dalam hubungan people to people kedua negara.

Menurut Dubes, kedatangan tim kesenian anak-anak Indonesia untuk berpartisipasi pada acara ini menyampaikan pesan khusus bagi warga Slovenia tentang betapa penting masa depan anak-anak serta tali persahabatan kedua bangsa.

"Sambutan ramah dan hangat dari tim kesenian Indonesia kepada para tamu juga merupakan cerminan budaya masyarakat Indonesia dalam menjamu para tamunya," demikian Dubes.

Putera-puteri SMP Tarakanita I Jakarta menghipnotis publik Slovenia dengan Tari Pendet yang merupakan tari pembuka, kemudian menggebrak dengan Tari Rampak Gendang, Tari Manuk Dadali dan Tari Saman yang ritmis dan dinamis.

Menyempurnakan partisipasi Indonesia, Villa Podroznik dengan taman luas disulap menjadi beratmosfir serba Indonesia mulai dari dekorasi taman berupa hiasan penjor, wayang kulit dan wayang golek, hiasan meja makan ala Bali serta nuansa merah putih di berbagai sudut, berbagai ornamen tradisional lainnya, iringan live music dari orkes kolintang serta gamelan Jawa oleh warga Indonesia dan Austria.

Selain itu, penampilan Indonesia juga didukung oleh seorang penari dari Gema Puspa Nusantara Wina dengan Tari Sonteng. Tak kalah istimewa adalah orkestra gamelan Bali secara live oleh para pemain gamelan yang keseluruhannya adalah warga bule Austria pecinta budaya Indonesia.

KBRI/PTRI Wina memberi fasilitasi dan dukungan penuh untuk diplomasi kebudayaan dan kegiatan amal oleh putera-puteri SMP Tarakanita I Jakarta di Slovenia ini.

Aura Indonesia sendiri sudah terasa sejak para tamu undangan tiba di gerbang utama yang langsung disambut dengan permainan talempong dan calung oleh putera-puteri SMP Tarakanita I Jakarta tersebut.

Berbagai orkes musik tradisional tersebut di atas juga langsung menyambut para hadirin sebelum memasuki area teater alam terbuka dimana bangku penonton dilapisi bambu seperti layaknya suasana pedesaan di Indonesia.

Acara dilanjutkan dengan makan malam di mana hidangan yang disajikan oleh Lions Club adalah kulinari Nusantara dan disiapkan oleh Chef Slovenia dengan dibantu para jurumasak KBRI Wina. Acara diakhiri dengan hiburan musik kolintang dan band KBRI Wina hingga lewat tengah malam.

Acara Midsummer Gala Dinner dari Lions Club ini ini merupakan salah satu acara yang cukup mendapat perhatian masyarakat Slovenia dan juga diliput oleh media massa setempat.

Menjadi co-host pada acara ini sejalan dengan program promosi budaya dan pariwisata Indonesia di Slovenia, yang terfokus pada niche market (ceruk pasar, red) kalangan menengah atas.

KBRI Wina menerima undangan Lions Club Iliria Slovenia sebagai co-host selain sebagai sarana promosi juga untuk lebih meningkatkan hubungan dan tali persahabatan kedua negara di bidang sosial budaya.

(es/es)









Sponsored Link




Anda sedang membaca artikel tentang

SMP Tarakanita I Jakarta Beraksi untuk Amal di Slovenia

Dengan url

http://cleanheartsminds.blogspot.com/2013/06/smp-tarakanita-i-jakarta-beraksi-untuk.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

SMP Tarakanita I Jakarta Beraksi untuk Amal di Slovenia

namun jangan lupa untuk meletakkan link

SMP Tarakanita I Jakarta Beraksi untuk Amal di Slovenia

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger