Ini Dia Calon-calon Bos WTO Saingan Mari Elka

Written By Emdua on Senin, 07 Januari 2013 | 00.36

Jakarta - Mantan Menteri Perdagangan yang saat ini menjabat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu menjadi salah satu kandidat untuk menduduki jabatan Dirjen WTO (World Trade Organization). Mari bersama kandidat lainnya bersaing menggantikan Pascal Lamy, yang jabatannya segera berakhir pada 31 Agustus 2013 nanti.

Dikutip dari Bernama, Minggu (6/1/2013), Mari harus bersaing dengan 8 kandidat dari negara-negara lain. Mereka adalah John Kwadwo Kyerematen (mantan Menteri Perdagangan Ghana), Anabel Gonzalez (Menteri Perdagangan Luar Negeri Costa Rica), Tim Groser (Menteri Perdagangan Selandia Baru, dan duta besar Ghana Amina Mohamed.

Kandidat kuat lainnya adalah Ahmad Hindawi (mantan Menteri Industri dan Perdagangan Yordania), Hermino Blanco (Menteri Industri dan Perdagangan Meksiko), Taeho Bark (Menteri Perdagangan Republik Korea), dan Duta Besar Brazil Roberto Carvalho de Azevedo.

Organisasi dunia ini menyatakan, sesuai dengan prosedur WTO sendiri, periode nominasi untuk jabatan Direktur Jenderal ini ditutup pada 31 Desember 2012 yang lalu.

Sebuah pertemuan formal Konsulat Jenderal akan diadakan pada 29 Januari 2013 mendatang, dimana seluruh kandidat akan mempresentasikan dirinya pada seluruh anggota.

Sedangkan proses pemilihan, termasuk keputusan yang dibuat oleh Konsulat Jenderal akan dilakukan tak akan lebih dari 31 Mei 2013.

Mari pernah menempuh studi di Australia dan memperoleh gelar doktor di bidang perdagangan internasional dari Universitas California. Calon pemimpin WTO lain adalah Alan Kyerematen dari Ghana dan Anabel Gonzales dari Costa Rica.

Selama 17 tahun WTO berdiri, posisi Dirjen selalu dipimpin oleh laki-laki, dan hanya satu yang berasal dari negara berkembang. Pencalonan Mari bakal mengejutkan banyak diplomat perdagangan. Karena Mari tidak masuk sebagai salah satu nama yang dijagokan.

Mari pernah menjabat sebagai menteri perdagangan selama 7 tahun, hingga akhirnya kena reshuffle pada Oktober 2011 dan menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Pelaksanaan pemilihan ini akan dimulai akhir Januari 2013, dan pemenangnya akan ditentukan dalam konsesus anggota WTO di 31 Mei 2013.

(zul/dru)

Anda sedang membaca artikel tentang

Ini Dia Calon-calon Bos WTO Saingan Mari Elka

Dengan url

http://cleanheartsminds.blogspot.com/2013/01/ini-dia-calon-calon-bos-wto-saingan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ini Dia Calon-calon Bos WTO Saingan Mari Elka

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ini Dia Calon-calon Bos WTO Saingan Mari Elka

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger