Setelah UU Migas, Muhammadiyah akan Gugat UU Minerba

Written By Emdua on Senin, 26 November 2012 | 00.07



Senin, 26/11/2012 00:02 WIB





M Rizki Maulana - detikNews





Jakarta - Muhammadiyah, menyatakan tidak akan menutup kemungkinan untuk melakukan uji materi (judicial review) terhadap UU yang merugikan negara. Muhammadiyah menyebut beberapa UU lain sudah dalam daftar untuk diajukan ke Mahkamah Konstitusi.

"Selanjutnya kita UU Minerba, mungkin juga UU tentang Investasi, UU Air. Ini sudah dikaji, dan kajian ini sudah berlangsung selama setaun lebih, sejak 2009 dan 2010," terang Ketua PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin, di sela-sela acara penggalangan dana di Hotel Grand Sahid Jaya, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu, (25/11/2012) malam.

Menurut Din, uji materi mengenai UU Migas yang sebelumnya dikabulkan oleh MK, memberikan kesempatan bagi Indonesia untuk menjadi negara yang benar-benar berdaulat. Hal itu juga menunjukkan bahwa kepentingan asing ataupun institusi yang merugikan negara tidak perlu didukung.

"Kita berharap ini betul-betul untuk kepentingan rakyat Indonesia," imbuhnya.

Seperti diketahui, UU Migas ini didugat ke MK oleh Ketum PP Muhammadiyah Din Syamsudddin, mantan Ketua Umum PBNU Hasyim Muzadi, Ketua MUI Amidhan, mantan Menakertrans Fahmi Idris dan politisi muslim, Ali Mochtar Ngabalin. Selain itu, ikut menggugat pula sebanyak 12 ormas Islam.

Mereka menggugat UU 22/2001 tentang Migas. Mereka menilai UU Migas pro asing dan meruntuhkan kedaulatan bangsa. Dalam putusannya MK membubarkan BP Migas.

"BP Migas inkonstitusional dan MK berhak memutus sesuatu yang tidak konstitusional," papar Mahfud dalam sidang terbuka untuk umum di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (13/11/2012).

(riz/fjp)







Tutup

 Share to Facebook:


You are redirected to Facebook







loadingSending your message




Message has successfully sent













Sponsored Link




Anda sedang membaca artikel tentang

Setelah UU Migas, Muhammadiyah akan Gugat UU Minerba

Dengan url

http://cleanheartsminds.blogspot.com/2012/11/setelah-uu-migas-muhammadiyah-akan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Setelah UU Migas, Muhammadiyah akan Gugat UU Minerba

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Setelah UU Migas, Muhammadiyah akan Gugat UU Minerba

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger